Airlines Ticketing – Hotel Voucher – Car/ Bus Rental – Tour – Travel Document

5H4M SUMBA OVERLAND

Day I : Bandara Tambolaka – Kampung Adat Ratenggaro – Pantai Pero

Tiba di Bandara Tambolaka Sumba Barat Daya, Anda akan disambut oleh tour guide kami dan langsung kami antar untuk check in Hotel di Kota Tambolaka kemudian makan siang.

Perjalanan hari ini kita buka dengan mengunjungi Kampung Adat Ratenggaro yang memiliki rumah adat dengan atap paling tinggi di Sumba, serta salah satu kubur batu yang terbesar di Pulau Sumba.

Sore hari saatnya bersantai di pantai Pero melihat matahari terbenam di laut Samudera Hindia. Pantai dengan tebing tebing batu karang tajam yang selalu di hempas oleh ombak besar, harap selalu berhati-hati dengan ombak yang mendekat. Selesai menikmati sunset kita akan kembali ke Hotel untuk makan malam dan istirahat.

 

Day II : Danau Weekuri – Pantai Mandorak – Tanjung Marehe – Pantai Mawana

Setelah sarapan di Hotel, kita akan berangkat menuju Danau Weekuri, yaitu danau air asin yang letaknya dikelilingi tebing karang, sehingga airnya sangat tenang dan sangat cocok untuk berenang. Setelah itu Anda akan menuju Pantai Mandorak. Di pantai ini anda dapat melihat pantai pasir putih yang terletak di antara celah tebing batu. Jika air sedang tenang, anda juga dapat melakukan cliff jump dari tebing yang tingginya sekitar 8-10 meter dari permukaan laut

Selesai makan siang di Pantai Mandorak, kita akan melanjutkan perjalanan menuju Tanjung Marehe untuk melihat pantai dengan tebing-tebing yang indah dari ketinggian. Dari tanjung ini Anda dapat melihat Pantai Mawana dengan batu bolong fantastis buatan alam dari kejauhan. Anda juga dimungkinkan untuk turun menuju Pantai Bwana, namun karena trek yang harus ditempuh tidak mudah (menuruni tebing yang terjal tanpa jalan setapak), sehingga kegiatan ini hanya dianjurkan bagi anda yang cukup fit. Setelah pantai Mawana kita akan kembali ke Hotel, makan malam dan beristirahat.

 

Day III : Check Out – Air Terjun Lapopu Bukit Lai Lara- Tarimbang – Wairinding – Waingapu

Sarapan pagi dan check out dari Hotel. Hari ini akan banyak menghabiskan waktu di perjalanan karena jarak temput yang cukup jauh. Destinasi yang pertama adalah Air Terjun Lapopu yang terletak di Sumba Barat. Air terjun ini tercurah bertingkat-tingkat di sepanjang tebing batu setinggi 70m. Setelah Lapopu, perjalanan akan dilanjutkan ke Pantai Tarimbang yang terletak di bagian selatan Sumba Timur. Dibutuhkan jarak tempuh sekitar 3 setengah jam dari Waikabubak, dengan kondisi jalan yang dipenuhi tikungan terjal.

Sebelum sampai di Tarimbang kita akan mampir di Bukit Lai Lara untuk berfoto dan istirahat sejenak, sebelum melanjutkan perjalanan menuju Pantai Tarimbang. Pantai Tarimbang merupakan salah satu pantai dengan ombak terbaik untuk kegiatan surfing. Pantai pasir putih yang landai dan memanjang yang di hempit tebing tinggi, sangat cocok untuk yang suka memandang dan mendengarkan suara deru ombak. Selesai bermain di pantai, perjalanan akan dilanjutkan menuju kota Waingapu dengan terlebih dahulu singgah di Bukit Wairinding untuk menikmati sunset, dan kemudian perjalanan akan dilanjutkan ke kota Waingapu untuk makan malam dan istirahat.

 

Day IV : Pandang Savana Purukambera – Pantai Purukambera – Bukit Lambanapu – Pantai Walakiri

Setelah sarapan Pagi, kita akan melanjutkan perjalanan ke Savana Purukambera. Savana ini merupakan tempat pengembalaan kuda, sapi dan kerbau bagi masyarakat Sumba. Setelah puas menikmati savanna, perjalanan akan dilanjutkan menuju pantai purukambera. Di pantai ini anda dapat melakukan kegiatan snorkeling sambil melihat keindahan terumbu karang, ataupun hanya sekedar bersantai di pantai. Dari Purukambera, perjalanan akan dilanjutkan menuju Bukit Lambanapu.

Setelah makan siang dan bersantai di Bukit Lambanapu, perjalanan akan dilanjutkan menuju hutan cemara Laipori, dan Pantai Walakiri. Pantai ini terkenal dengan ciri khas pohon bakau melengkungnya, yang pada saat pasang surut akan terlihat seperti sedang menari. Setelah menikmati sunset di Pantai ini, anda akan menikmati makan malam seafood segar di Kota Waingapu.

 

Day V : Check Out – Kampung Adat Prailiu – Bandara Umbu Mehang Kunda

Sarapan pagi dan check out dari Hotel, menuju Kampung Adat Prailiu yang terletak di tengah kota Waingapu. Di kampung adat ini anda dapat melihat kubur batu raksasa milik raja, serta melihat kegiatan menenun yang dilakukan oleh warga kampung. Disini anda juga dapat membeli tenun ikat yang dijual langsung oleh pengrajinnya, serta berfoto dengan menggunakan pakaian adat Sumba.

Selesai kegiatan di Kampung Prailiu, anda akan diantarkan menuju Bandara Umbu Mehang Kunda di Kota Waingapu.

 

 

 

 

 

 

5 DAYS 4 NIGHTS PACKAGE PRICE

Jumlah peserta Harga per orang Catatan
2 Rp 6,000,000 Menggunakan 1 mobil
avanza/innova/touring
3 Rp 4,800,000 Menggunakan 1 mobil
avanza/innova/touring
4 Rp 4,100,000 Menggunakan 1 mobil
avanza/innova/touring
5 Rp 3,650,000 Menggunakan 1 mobil
avanza/innova/touring
6 Rp 3,400,000 Menggunakan 1 mobil
avanza/innova/touring
7 Rp. 3,900,000 Menggunakan 2 mobil/1 minibus
8 Rp. 3,700,000 Menggunakan 2 mobil/1 minibus
9 Rp. 3,500,000 Menggunakan 2 mobil/1 minibus
10 RP. 3,400,000 Menggunakan 2 mobil/1 minibus

 

 

INFO PAKET

 

Harga paket yang diberikan sudah termasuk:

  1. Transport antar jemput bandara
  2. Transport menuju lokasi wisata
  3. Akomodasi
  4. Makan 3x sehari selama perjalanan
  5. Air mineral selama perjalanan
  6. Donasi untuk setiap desa adat yang dikunjungi
  7. Guide lokal

 

Harga paket tidak termasuk:

  1. Tiket pesawat
  2. Pengeluaran pribadi
  3. Biaya asuransi selama trip
  4. Biaya kegiatan tambahan (dijelaskan pada poin kegiatan wisata tambahan di halaman berikutnya)
  5. Tip untuk guide dan supir (opsional)

 

SEKILAS INFO SUMBA

 

  • AKOMODASI

Karena keterbatasan infrastruktur di Pulau Sumba, sehingga standar penginapan yang ada disana berada dibawah standar pulau-pulau lain yang sudah lebih maju seperti misalnya Bali atau Lombok. Di Pulau Sumba tersedia beberapa hotel standar (sekelas hotel bintang 2 dan 3) yang terletak di tengah kota, maupun resort yang terletak di tepi pantai. Namun penting untuk diketahui bahwa beberapa resort tepi pantai, walaupun harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan hotel standar di tengah kota, namun hanya dialiri listrik pada pukul 18.00 hingga 07.00 pagi saja, karena letak daerahnya yang belum dialiri listrik sehingga mereka harus menggunakan listrik tenaga solar dengan kapasitas terbatas.

 

  • MAKANAN

Tidak seperti daerah-daerah di bagian barat Indonesia yang kental dengan budaya makanan tradisional, di Pulau Sumba makanan tradisional yang tersedia sangatlah sederhana, sehingga bagi anda yang seringkali mengalami kesulitan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan, disarankan untuk membawa cadangan makanan ataupun snack yang aman untuk anda konsumsi. Namun begitu, saat anda berkunjung ke Pulau Sumba, pastikan anda tidak lupa mencicipi hidangan seafood segar serta kacang mente dan nasi jagung khas Sumba.

 

  • TRANSPORTASI

Jenis kendaraan yang akan digunakan pada perjalanan ini yakni Toyota Innova, Avanza/Xenia, Isuzu Panther, Suzuki APV, ataupun minibus (untuk rombongan besar), tergantung ketersediaan kendaraan pada saat trip berlangsung.

 

  • PERJALANAN

Jarak antara obyek wisata yang satu dengan yang lain di Pulau Sumba cukup jauh, sehingga banyak waktu yang akan anda habiskan di kendaraan. Kondisi jalanan di Pulau Sumba secara umum sudah baik, namun cenderung berkelok-kelok, sehingga bagi anda yang memiliki kecenderungan mabuk kendaraan, sangat disarankan untuk membawa obat-obatan anti mabuk.

 

  • KONDISI LINGKUNGAN

Cuaca di Pulau Sumba cenderung sangat panas di siang hari dan sejuk di malam hari. Pada puncak musim kemarau (mei-agustus), umumnya udara akan terasa dingin pada malam hari, sehingga dianjurkan untuk membawa pakaian hangat.

 

Penyakit malaria masih ditemukan di pulau ini khususnya di Sumba bagian barat, walaupun kasusnya sudah cukup jarang. Karenanya, anda dianjurkan untuk selalu menggunakan obat anti nyamuk saat bepergian, dan pastikan kondisi tubuh anda sedang baik saat melakukan perjalanan.

 

  • KEBUDAYAAN

Kepercayaan yang dianut masyarakat Sumba tradisional adalah Marapu. Bangunan rumah tradisional serta kuburan batu kuno akan anda temui dengan mudah, terutama di wilayah Sumba Barat dan Sumba Barat Daya. Anda dianjurkan untuk mengenakan pakaian yang sopan (tidak terlalu terbuka khususnya untuk perempuan), jika berkunjung ke situs kebudayaan ataupun desa adat.

 

 

  • INTERAKSI DENGAN PENDUDUK LOKAL

Arus pariwisata yang berkembang pesat di Pulau Sumba, tidak selalu berdampak positif bagi masyarakat. Ketidaksiapan masyarakat terhadap kehadiran orang luar, mengakibatkan munculnya persepsi yang salah tentang pariwisata. Khususnya di daerah Sumba Barat Daya, anda akan menemukan orang-orang yang meminta uang kepada pengunjung dan sebagian besar dari mereka adalah anak-anak. Untuk mencegah hal tersebut semakin meluas, kami meminta anda untuk tidak memberikan uang kepada penduduk lokal khususnya anak-anak. Sebagai gantinya, anda sangat dianjurkan untuk membawa makanan kecil, ataupun buku bacaan, buku tulis serta alat tulis untuk dibagikan kepada anak-anak tersebut. Di beberapa tempat yang mengharuskan pembayaran retribusi ataupun donasi, uang tersebut akan dibayarkan oleh guide anda.

 

  • KEGIATAN WISATA TAMBAHAN YANG BISA DILAKUKAN
  1. Dengan tambahan biaya sebesar Rp 150,000 per orang (minimum peserta 4 orang), anda dapat merasakan pengalaman berkuda atau menunggangi kerbau di Savana Purukambera, atau Pantai Purukambera sambil menikmati sunset.

 

  1. Dengan tambahan biaya sukarela, anda dapat berfoto dengan mengenakan pakaian serta atribut adat Sumba, saat berkunjung ke kampung adat.